Peranan
e-Library
A. Latar Belakang
Pendidikan adalah hal penting yang telah
menjadi kebutuhan pokok manusia. Pendidikan memegang peranan yang amat penting
untuk menjamin kelangsungan hidup Negara dan Bangsa, karena Pendidikan
merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya
Manusia. Hal itu muncul dikarenakan adanya era globalisasi yang menuntut
semua orang yang hidup mengikuti perkembangan zaman yang pesat. Kemajuan yang
sangat pesat itulah yang menyebabkan di berbagai negara harus mengenal
teknologi. Teknologi sangat berperan di segala bidang, contohnya di bidang
pendidikan.
Apa Keuntungan Perkembangan Informasi
Teknologi di Bidang Pendidikan?
Zaman sekarang ini, Teknologi sangat
dibutuhkan oleh manusia guna menunjang kehidupannya. Di berbagai
sekolah-sekolah di Indonesia contohnya, sekolah tersebut telah memiliki
berbagai teknologi sebagai penunjang pembelajaran. Informasi Teknologi
digunakan untuk mengolah data, memproses, mendapatkan, menyusun, dan
memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi.
Perkembangan Informasi Teknologi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan
berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga
akhirnya akan meningkatkan produktivitas manajemen pendidikan. Apabila
Informasi Teknologi di lembaga Pendidikan tidak dimanfaatkan, maka
akan memperlambat kelancaran Pendidikan dalam menghadapi persaingan global.
B. Pengertian
E–Library (Electronic
Library) atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang
menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file
elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik
melalui jaringan komputer. E-Library merupakan suatu kumpulan/koleksi
artikel-artikel dan laporan yang tersedia untuk bacaan on-line atau download,
e-Library mengarah pada inisiatif pembelajaran integratif. E-Library merupakan
sumber yang sempurna untuk mengirimkan teks lengkap dan referensi penting
multimedia, serta mudah untuk digunakan dalam penelitian.
Menghadapi era informasi (information era),
informasi menjadi sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi
masyarakat. Adanya perkembangan dan kemajuan bidang teknologi informasi
(Information Technology) yang sangat pesat dewasa ini, mengharuskan perubahan
paradigma dan kinerja pada pusat-pusat atau sumber informasi. Salah satu sumber
informasi tersebut adalah perpustakaan, Salah satu upaya memaksimalkan
pemanfataan dan penggunaan data/informasi di atas adalah mengembangkan
infrastruktur informasi dengan konsep perpustakan digital (digital library)
atau lebih dikenal dengan e-Library yang pada akhirnya akan menjadi
perpustakaan virtual (virtual library), Digital Library (DL) atau perpustakaan
digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan),
gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan
menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer. Istilah digital
library sendiri mengandung pengertian sama dengan electronic library dan
virtual library.
E-Library mulai berkembang pesat sejak
tahun 1990 diiringi dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang
memungkinkan pengaksesan informasi dari satu tempat ke tempat lain yang sangat
jauh dalam waktu singkat. Dimulai dengan terselenggarakannya “Workshop on
Digital Libraries“ pada tahun 1994 di Amerika.
C. Manfaat
· ·
E-library
merupakan layanan yang dapat membantu pada inisiatif pembelajaran yang
terintgrasi.
· E-library
merupakan sumber yang sempurna untuk mengirmkan teks lengkap dan referensi
penting mutimedia, mudah untuk digunakan dalam penelitian, serta dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
· Mahasiswa
menemukan jawaban yang mereka butuhkan lebih dari 2000 majalah, surat kabar,
buku-buku dan transkrip teks lengkap: termasuk ribuan peta, gambar, website
penddik dari pusat pekerjaan rumah dan file audio/vidio.
· Dosen
dan pustakawan bekerja sama untuk membangun mata rantai yang kuat terhadap isi
yang terpilih. Menciptakan daftar bacaan dengan halaman-halaman topik,
pelajaran-peajaran dan halaman minat dan kepentingan komuitas perguruan tinggi.
· Mengurangi
terjadinya pengulangan kegiatan (plagiarism).
· Penyebaran
dan akses informasi akan lebih cepat tanpa batas waktu dan ruang, karena tidak
terikat secara fisik.
D. Komponen e-Library
Berdasarkan pada pengertian e-Library komponen yang diperlukan
di dalam e- library diantaranya :
ü
Perangkat
computer
ü
Koneksi
dengan internet
ü
Ensiklopedia
elektronik
ü
E-books
ü
Koleksi
CD pembelajaran interaktif
ü
File
audio/video
ü
Katalog
buku
E. Keuntungan
Berikut adalah keuntungan dari penggunaan e-Library
diantaranya:
· Mempermudah
pemustaka untuk mendapatkan informasi bagi program studi dan peneliti.
· Mempunyai
layanan prima yang bertajuk answer at its best to any quest dan menjadi
universitas yang terkemuka dan luar biasa.
· Pengguna
dapat menikmati layanan digital library kapanpun dan dimanapun melalui internet
maupun komputer.
·
Fitur
di perpustakaan digital tertata dengan rapi dan lengkap.
·
Memiliki
komputer untuk pencarian digital berbasis touchscreen.
· E-Library
memberikan layanan mengembangkan imajinasi dan daya fikir jauh ke depan dengan
memberikan informasi yang diperolehnya sesuai apa yang ingin dicapainya.
F. Kelemahan
Berikut adalah keuntungan dari penggunaan
e-Library diantaranya:
Ø
Pengguna
perpustakaan lebih menyukai buku teks daripada buku elektronik.
Ø
Turunnya
minat mengunjungi perpustakaan dan berganti mengakses melalui internet.
Ø
Masalah
muncul pada saat dokumen yang diterima berupa file non-elektronik, berupa
kertas atau buku. Hal ini merupakan masalah utama yang dibahas pada
proyek-proyek penelitian, khususnya dalam pembuatan perpustakaan digital dengan
dokumen dari perpustakaan umum atau dari grey literature.
Ø
Masalah
yang terjadi pada perpustakaan digital swasta yang menarik biaya setiap
mengakses dokumen.
Ø
Hak
cipta pada dokumen yang didigitalkan yang berupa mengubah dokumen menjadi
digital dokumen, memasukkan digital dokumen ke database, mengubah digital
dokumen ke hypertext dokumen.
G. Solusi Permasalahan e-Library
ü Solusi
masalah hak cipta telah dikembangkan dalam ECSM (Electronic Copyright
Management System) yaitu sistem monitoring penggunaan digital dokumen oleh
pengguna secara otomatis.
ü Solusi
masalah biaya dalam e-Library akan dikembangkan pada system electronic money.
ü Solusi
masalah keminatan pengguna terhadap buku elektronik ialah mempermudah aplikasi
e-Library lebih mudah dan cepat diakses melalui mobile phone atau perangkat
elektronik kompatibel lainnya.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar